Belajar dan Berbagi bersama kami

Jiwa Anda akan Bersemangat jika lakukan Tips ini saat Bangun tidur



Terkadang kita merasa ketika bangun tidur merasa berat, benggel, malas untuk beraktifitas dsb. terlebih jika anda karyawan atau pelajar, mungkin anda akan semakin jenuh jika bangun di hari Senin, karena aktifitas sebelumnya adalah liburan seolah ingin lebih lama berlibur bersama keluarga, teman atau kerabat. Ada beberapa tips yang harus kita lakukan untuk menghadapi hari agar aktifitas tetap semangat dengan Jiwa yang sehat. Berikut langkah-langkahnya :

1. Lepaskan Ikatan Syaitan ketika Bangun Tidur
Ketika kita tidur lelap, ternyata Syaitan senantiasa mengganggu, bisa juga kencing di hidung, telinga dsb, Syaitan juga mengganggu dengan mengikat tubuh kita, sehingga ketika terbangun badan terasa tidak bersemangat, maka berikut Panduan Islam :

"Setan itu akan mengikat tengkuk salah seorang engkau yang tengah tidur dengan tiga ikatan sehingga engkau tidur semalaman. Apabila seorang di antara engkau bangun seraya menyebut nama Allah, maka lepaslah ikatan pertama. Lalu apabila ia berwudu, maka lepaslah ikatan kedua. Dan apabila diteruskan dengan salat, maka lepaslah ikatan ketiga, sehingga ia akan bersemangat dan Jiwanya pun sehat Kalau tidak, maka hatinya akan kusut dan malas"
(Shahih Muslim)

2. Mandi Sebelum Subuh
Dr. Abdul Hamid Dayyat, dari Universitas Kairo Mesir menjelaskan manfaat kesehatan yang diperoleh seseorang dari aktivitas bangun Subuh ( fajar ) dan mandi pada waktu fajar, diantaranya adalah gas O3. Pada waktu fajar kandungan gas O3 sangat melimpah kemudian berkurang sedikit demi sedikit hingga habis ketika matahari terbenam pada sore hari. Gas O3 mempunyai pengaruh yang positif pada urat syaraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang. Ketika seseorang menghirup udara fajar maka akan merasakan kenikmatan dan kesegaran tiada tara.

3. Sholat 2 Rokaat Sebelum Subuh


"Dua rakaat (sebelum) shalat fajar (subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya". (HR. Muslim)

Sahabat Anas Bin Malik RA. pernah menangis menyesal hingga akhir hayatnya karena pernah terlewat sekali, itupun ketika beliau berperang, maka tidak sempat untuk sholat sebelum subuh (Sholat Fajr)

4. Dzikir Pagi dan Sholat Isyroq
Sebagaimana kita kaum muslimin, dianjurkan untuk Berdzikir pagi setelah Sholat Subuh, sebagaimaa Hadist Rosulullah SAW :

“Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian dia duduk untuk berzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian dia shalat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala haji dan umrah, sempurna sempurna sempurna“ (HR. Thabrani)

5. Bergegas untuk menyambut berkah di pagi hari

Sebagaimana Sahabat Rosul Shakhr bin Wa'adah Ra. kita pun mesti mencontoh sahabat yang satu ini. Rosulullah SAW berdo'a :

“Ya Allah, berkahilah umatku di pagi harinya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Dalam hadits yang diceritakan oleh Shakhr bin Wada’ah r.a. tersebut betapa jelas bahwa Rasulullah Saw. berdoa agar umatnya diberikan berkah pada waktu pagi hari. Tahukan Anda siapakah Shakhr bin Wada’ah r.a.? Dia adalah seorang pedagang yang biasa mengirimkan barang dagangannya di pagi hari, sehingga dia menjadi kaya dan banyak harta. Berarti, Shakhr bin Wada’ah adalah orang yang bisa menyambut keberkahan Allah Swt. karena doa Rasululllah Saw. untuk umatnya di pagi hari.

Oleh karena itu, setelah shalat subuh, janganlah tidur kembali apabila kita ingin mendapatkan keberkahan dari Allah Swt. Berkaitan dengan tidur setelah shalat subuh ini, Ibnul Qayyim al-Jauziyah berpendapat bahwa di antara tidur yang tidak disukai menurut orang-orang yang saleh ialah tidur di antara shalat subuh dan terbit matahari, karena ini merupakan waktu untuk memperoleh hasil bagi perjalanan ruhani. Pada saat itu terdapat keistimewaan besar, sehingga seadainya mereka melakukan perjalanan (kegiatan) semalam suntuk pun, belum tentu dapat menandinginya.

Demikian Tips untuk mengawali hari yang Bersemangat untuk menjemput karunia Allah SWT. 

Jiwa Anda akan Bersemangat jika lakukan Tips ini saat Bangun tidur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown