Belajar dan Berbagi bersama kami

Sehat Ala Rosulullah (Bag.1)


Selaku Muslim, kita tahu bahwa satu-satunya teladan bagi kita adalah Rosulullah SAW, manusia pilihan yang diutus Allah SWT untuk memakmurkan bumi dari kejahilan, menyampaikan ayat-Nya agar manusia selamat di Dunia maupun kelak di Akhirat.

Muhammad SAW adalah manusia terbaik, Semua perilaku dari pagi hingga pagi tak lain adalah perliaku terbaik yang harus kita contoh, banyak para ilmuan atau ulama yang mengkaji tentang tata cara perilaku rosulullah, yang tentu akan memberikan kita selamat ketika kita bisa meniru perbuatannya. baik saat beliau tidur, makan maupun bergaul dengan para istri-istrinya. Hari ini banyak muslimin yang belum tahu bagaimana perilaku sehari-hari Rosulullah SAW, malah justru kita banyak meniru perilaku Manusia yang belum tentu memberikan faedah untuk kita.

Pola hidup Rosulullah SAW adalah pola hidup yang sehat dan dibimbing oleh Wahyu, terbukti beliau tak pernah sakit selama hidupnya kecuali diracun atau disantet. Mari kita lihat kegiatan Rosulullah SAW berkaitan dengan kesehatan, 

1. Bangun Setengah malam atau Sepertiga Malam
    
Surat Al-Muzamil turun memrintahkan Rosulullah SAW untuk bangun setengah malam. Kita pun diperintahkan untuk Bangun sepertiga malam, atau lebih atau juga waktu Sahur, dimana banyak sekali manfaat dari waktu itu, diantaranya di waktu itu Allah datang langsung untuk mencari umatnya yang meminta. sebagaimana hadist Rosulullah SAW :

Telah menceritakan kepada kami Ismail, telah menceritakanku kepada Malik dari Ibn Syihab dari Abu Abdullah AlAghar dari Abu Hurairah bahwa Rosulullah SAW bersabda : "Robb kita Tabaroka wa ta'ala setiap malam turun ke langit dunia ketika sepertiga malam, lantas ia berkata "Siapa yang berdoa kepada-Ku maka aku beri, Siapa yang minta ampun kepada-Ku maka aku ampuni".
(shahih Bukhari)

Rosulullah SAW pun menyuruh kita untuk bangun diwaktu itu sebagaimana hadist :

“Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri kepada Allah SWT, penghapus dosa dan pengusir penyakit dari dalam tubuh”. (HR at-Tirmidzi)



Dari segi kesehatan, para pakar kesehatan sepakat jika kita bangun di waktu itu beberapa point akan kita dapatkan seperti :
- Menurunkan resiko Jantung
- Menurunkan  resiko Kanker
- Menurunkan tingkat Stress
- Meningkatkan Imun tubuh

Selanjutnya : 2. Tidur Sesaat sebelum Waktu Subuh

Sehat Ala Rosulullah (Bag.1) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown